Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Mystery Box terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2022/2023

Ayuni, Ni Made Novi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Mystery Box terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031148-COVER.pdf

Download (640kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031148-ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031148-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031148-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031148-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031148-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031148-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031148-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031148-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan media mystery box terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental yaitu quasi eksperiment (Eksperimen Semu). Bentuk desain rancangan penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalen Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara sebanyak 194 siswa. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava. Setelah populasi dinyatakan setara, maka dilanjutkan dengan pengambilan sampel melalui teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA SD Negeri 14 Pedungan sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SD Negeri 9 Pedungan sebanyak 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode non tes berupa observasi dengan instrumen penilaian unjuk kerja keterampilan berbicara siswa berdasarkan rubrik penilaian keterampilan berbicara. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 3,224 > ttabel = 2,000, pada taraf signifikansi 5% dan dk = 60 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran talking stick berbantuan media mystery box dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick berbantuan media mystery box berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: talking stick, mystery box, keterampilan berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Novi Ayuni
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:18
Last Modified: 03 Jul 2023 02:18
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15451

Actions (login required)

View Item View Item