Pramesti, Ni Made Nila (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN TEKS CERITA ANAK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV GUGUS PATIMURA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031278-COVER.pdf Download (664kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031278-ABSTRAK.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031278-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031278-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031278-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031278-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031278-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031278-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031278-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan teks cerita anak terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas IV Gugus Patimura Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus Patimura Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 11 kelas IV dengan total 340 siswa. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava, untuk pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, lalu diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas IV A di SD Negeri 3 Sesetan yang berjumlah 36 orang siswa, dan kelompok kontrol yaitu kelas IV B di SD Negeri 11 Sesetan yang berjumlah 33 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode nontes berbentuk lembar observasi. .Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis statistik deskripstif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung (4,44) > ttabel (1,99) dengan dk penyebut = 67 dan dk pembilang = 1 pada α = 5%, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe think pair share berbantuan teks cerita anak dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas IV di Gugus Patimura Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | think pair share, keterampilan berbicara, teks cerita anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Nila Pramesti |
Date Deposited: | 03 Jul 2023 02:25 |
Last Modified: | 03 Jul 2023 02:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15461 |
Actions (login required)
View Item |