PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN TEKS CERITA ANAK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV GUGUS PATIMURA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Pramesti, Ni Made Nila (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN TEKS CERITA ANAK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV GUGUS PATIMURA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031278-COVER.pdf

Download (664kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031278-ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031278-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031278-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031278-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031278-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031278-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031278-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031278-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantuan teks cerita anak terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas IV Gugus Patimura Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di Gugus Patimura Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 11 kelas IV dengan total 340 siswa. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava, untuk pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, lalu diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas IV A di SD Negeri 3 Sesetan yang berjumlah 36 orang siswa, dan kelompok kontrol yaitu kelas IV B di SD Negeri 11 Sesetan yang berjumlah 33 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode nontes berbentuk lembar observasi. .Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis statistik deskripstif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung (4,44) > ttabel (1,99) dengan dk penyebut = 67 dan dk pembilang = 1 pada α = 5%, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe think pair share berbantuan teks cerita anak dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas IV di Gugus Patimura Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: think pair share, keterampilan berbicara, teks cerita anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Made Nila Pramesti
Date Deposited: 03 Jul 2023 02:25
Last Modified: 03 Jul 2023 02:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15461

Actions (login required)

View Item View Item