Kamala, Ni Putu Jyoti (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061021-COVER.pdf Download (216kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061021-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (135kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061021-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini oleh dilatarbelakangi oleh penggunaan media dan model pembelajaran di TK yang belum optimal serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan untuk mengaplikasikan pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: (1) menghasilkan prototype media busy book, (2) menguji kelayakan media busy book, dan (3) menguji kepraktisan media busy book. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan. Subjek penelitian ini adalah 4 orang ahli dan 3 orang guru. Objek penelitian ini adalah media busy book pada pembelajaran spasial. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penelitian ini telah berhasil menghasilkan media busy book untuk menstimulasi kemampuan spasial anak usia 5-6 tahun, (2) skor rata-rata kelayakan oleh ahli media sebesar 4,34 dan kelayakan oleh ahli isi muatan pembelajaran sebesar 4,56 dengan klasifikasi keduanya sangat baik, (3) skor rata-rata kepraktisan oleh guru sebesar 4, 29. Bentuk pengembangan penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran yaitu media busy book yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan spasial anak usia 5-6 tahun . Media busy book ini dapat digunakan oleh guru untuk menstimulasi kemampuan spasial pada anak yang sudah teruji validitas dan kepraktisan dengan klasifikasi sangat baik sehingga media busy book ini sudah tepat dan layak digunakan. Melalui pengembangan media busy book ini dapat membantu tenaga pendidik untuk menunjang media pembelajaran di sekolah, sehingga nantinya dapat terciptanya pembelajaran yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan media busy book, kemampuan spasial anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Jyoti Kamala |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 01:11 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 01:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15563 |
Actions (login required)
View Item |