PENGARUH KEGIATAN PERCOBAAN SAINS MENGGUNAKAN METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN HOTS (HIGHERER ORDER THINKING SKILLS) ANAK KELOMPOK B TK NEGERI DESA TUKADMUNGGA

Elina, Gea (2023) PENGARUH KEGIATAN PERCOBAAN SAINS MENGGUNAKAN METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN HOTS (HIGHERER ORDER THINKING SKILLS) ANAK KELOMPOK B TK NEGERI DESA TUKADMUNGGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911061013-COVER.pdf

Download (316kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911061013-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911061013-LAMPIRAN.pdf

Download (919kB)

Abstract

Kemampuan HOTS ( Higher Order Thinking Skills) yang tidak berkembang secara optimal dikarenakan cara yang digunakan dalam mendidik anak kurang tepat yang membuat anak belum mampu mengembangkan kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Adapun sasaran dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh percobaan sains menggunakan metode proyek terhadap kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Eksperimen Semu (quasi eksperimen) yang menggunakan Non Equivalent Control Groub Design yang merupakan desain yang hampir memiliki kesamaan dengan pretest-posttest control groub desain dimana pada desain sampling ditentukan secara acak/ Random. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya percobaan sains menggunakan metode proyek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada anak kelompok B TK negeri Desa Tukadmungga. Adapun rata-rata kemampuan HOTS pada kelompok eksperimen adalah 59,08 dari nilai rata-rata sebelumnya 34,30, dan kelompok kontrol yang memiliki rata-rata nilai 38,50 dari rata-rata sebelumnya 36,50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t yang menunjukkan nilai signifikasi (sig(2-tailed)) 0,000 <0,05 yang artinya H0¬ ditolak, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasanya ada pengaruh yang signifikan dari percobaan sains menggunakan metode proyek terhadap kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: HOTS (Higher Order Thinking Skills), Anak Usia Dini, Percobaan Sains, Metode Proyek
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Gea Elina
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:37
Last Modified: 07 Jul 2023 01:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item