Elina, Gea (2023) PENGARUH KEGIATAN PERCOBAAN SAINS MENGGUNAKAN METODE PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN HOTS (HIGHERER ORDER THINKING SKILLS) ANAK KELOMPOK B TK NEGERI DESA TUKADMUNGGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061013-COVER.pdf Download (316kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061013-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061013-LAMPIRAN.pdf Download (919kB) |
Abstract
Kemampuan HOTS ( Higher Order Thinking Skills) yang tidak berkembang secara optimal dikarenakan cara yang digunakan dalam mendidik anak kurang tepat yang membuat anak belum mampu mengembangkan kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Adapun sasaran dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh percobaan sains menggunakan metode proyek terhadap kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Eksperimen Semu (quasi eksperimen) yang menggunakan Non Equivalent Control Groub Design yang merupakan desain yang hampir memiliki kesamaan dengan pretest-posttest control groub desain dimana pada desain sampling ditentukan secara acak/ Random. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya percobaan sains menggunakan metode proyek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada anak kelompok B TK negeri Desa Tukadmungga. Adapun rata-rata kemampuan HOTS pada kelompok eksperimen adalah 59,08 dari nilai rata-rata sebelumnya 34,30, dan kelompok kontrol yang memiliki rata-rata nilai 38,50 dari rata-rata sebelumnya 36,50. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t yang menunjukkan nilai signifikasi (sig(2-tailed)) 0,000 <0,05 yang artinya H0¬ ditolak, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasanya ada pengaruh yang signifikan dari percobaan sains menggunakan metode proyek terhadap kemampuan HOTS (Higher Order Thinking Skills).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HOTS (Higher Order Thinking Skills), Anak Usia Dini, Percobaan Sains, Metode Proyek |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Gea Elina |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 01:37 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 01:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15585 |
Actions (login required)
View Item |