Gea, Kiti Nada Puspita (2023) PENGARUH KEGIATAN MERONCE MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911061007-COVER.pdf Download (183kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911061007-ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911061007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911061007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911061007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911061007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911061007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911061007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911061007-LAMPIRAN.pdf Download (742kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan sosial antara kelompok anak yang dibelajarkan dengan kegiatan meronce melalui model kooperatif tipe think pair share dengan kelompok anak yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional kelompok B di TK Negeri Pembina Singaraja. Jenis penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan rancangan menggunakan Non-Equivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B di TK Negeri Pembina Singaraja yang berjumlah 93 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelompok B4 di TK Negeri Pembina Singaraja yang berjumlah 18 anak sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan kegiatan meronce melalui model kooperatif tipe think pair share dan kelompok B5 di TK Negeri Pembina Singaraja yang berjumlah 18 anak sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi. Dari uji normalitas dan homogenitas varians, terbukti bahwa berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis hipotesisnya digunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan dk (18+18-2 =34) = 2,032 ditemukan Fhitung > Ftabel maka (17,193 > 2,032). Berdasarkan kriteria pengujian, maka Hₒ ditolak dan H₁ diterima yaitu terdapat perbedaan signifikan keterampilan sosial kelompok anak yang dibelajarkan menggunakan kegiatan meronce melalui model kooperatif tipe think pair share dan kelompok anak yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini disimpulkan bahwa kegiatan meronce melalui model kooperatif tipe think pair share berpengaruh terhadap keterampilan sosial anak kelompok B di TK Negeri Pembina Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan sosial, meronce, kooperatif think pair share. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Kiti Nada Puspita Gea |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 00:35 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 00:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15717 |
Actions (login required)
View Item |