Pradnyawati, Kadek Rikha (2023) DEVELOPING A TBLT-BASED DIGITAL STORYBOOK FOR 7TH-GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021187-COVER.pdf Download (712kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021187-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021187-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (366kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021187-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021187-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (420kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021187-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021187-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021187-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021187-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pengajaran bahasa sangat perlu menggunakan sebuah media dan model yang membantu proses pembelajaran siswa. Dan pembelajaran berbasis tugas salah satu model pembelajaran yang sudah banyak di terapkan di sekolah namun belum memiliki kriteria yang sesuai dengan model tersebut dalam memfasilitasi kegiatan literasi. Peran media pembelajaran yang kreatif dan inovatif juga sangat penting dalam meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan literasi berdasarkan TBLT. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita digital berbasis TBLT untuk memfasilitasi kegiatan literasi bagi siswa kelas 7 dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini menggunakan model Design & Development oleh Richey & Klein (2014) sebagai metodologi penelitian. Ada empat tahap dalam metode ini yang dilakukan oleh peneliti yaitu, Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Dalam mengumpulkan data, beberapa instrument yang digunakan analisis silabus, pedoman wawancara, observasi, kuisioner, blueprint, dan rubrik penilaian. Kualitas buku cerita digital berbasis TBLT diperoleh dari dua ahli dan mendapatkan nilai sangat baik dan juga dikatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang mendorong kegiatan literasi siswa kelas 7. Buku cerita digital ini diujicobakan kepada kelompok kecil siswa kelas 7 untuk melakukan penilaian formatif dan juga mencari respon dari siswa dan guru terhadap buku cerita digital berbasis TBLT. Di dapatkan hasil bahwa buku cerita digital berbasis TBLT sangat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran dan kegiatan literasi sebagai media yang inovatif dan memberikan motivasi agar tertarik dalam berliterasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengajaran Bahasa Berbasis Tugas, Buku Cerita Digital, Literasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Rikha Pradnyawati |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 02:44 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 02:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15732 |
Actions (login required)
View Item |