Indrawati, I Gusti Ayu Sri Bintang (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SD GUGUS III KECAMATAN BUSUNGBIU TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031239-COVER.pdf Download (968kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031239-ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031239-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (274kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031239-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031239-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031239-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031239-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031239-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031239-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran listening team terhadap hasil belajar pada muatan IPS Kelas V SD Gugus III Kecamatan Busungbiu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan desain penelitian non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 159 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Pelapuan sebanyak 33 orang dan siswa kelas V SD Negeri 3 Bengkel sebanyak 30 orang. Dalam penelitian ini sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes dengan bentuk tertulis dengan menggunakan tes objektif muatan IPS Lingkungan Sahabat Kita. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t (Polled Varians). Berdasarkan hasil analisis uji – t didapatkan nilai sig. (2-tailed) diperoleh hasil yaitu 0,000 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berati dapat dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Listening Team terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas V Gugus III Kecamatan Busungbiu Tahun Ajaran 2022/2023. Jika dilihat dari taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 diperoleh (dk) = 66, sehingga diperoleh ttabel = 1.670 dan nilai thitung diperoleh yaitu 4.463 sehingga thitung ttabel, dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Listening Team terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas V Gugus III Kecamatan Busungbiu Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Listening Team, Hasil Belajar IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Sri Bintang Indrawati |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:00 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15802 |
Actions (login required)
View Item |