PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II SD

Kadek Mas Anggi, Dwiyasari (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041035-COVER.pdf

Download (677kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041035-ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041035-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041035-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar Bermuatan Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca siswa kelas II Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Data validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran, ahli Bahasa dan ahli materi. Data kepraktisan oleh guru dan siswa. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest-posttest pada 30 orang siswa kelas II. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar bermuatan pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar dinyatakan (1) valid ditinjau dari aspek media pembelajaran, materi pembelajaran SD, dan bahasa; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru) dan peserta didik; (3) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Buku Cerita Bergambar Bermuatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca siswa kelas II Sekolah Dasar yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Buku Cerita Bergambar, Pendidikan Karakter, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Kadek Mas Anggi Dwiyasari
Date Deposited: 11 Jul 2023 12:28
Last Modified: 11 Jul 2023 12:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15821

Actions (login required)

View Item View Item