Kadek Mas Anggi, Dwiyasari (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS II SD. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041035-COVER.pdf Download (677kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041035-ABSTRAK.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041035-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar Bermuatan Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca siswa kelas II Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa kuesioner dan tes hasil belajar. Data validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran, ahli Bahasa dan ahli materi. Data kepraktisan oleh guru dan siswa. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain one group pretest-posttest pada 30 orang siswa kelas II. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku cerita bergambar bermuatan pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar dinyatakan (1) valid ditinjau dari aspek media pembelajaran, materi pembelajaran SD, dan bahasa; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru) dan peserta didik; (3) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Buku Cerita Bergambar Bermuatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca siswa kelas II Sekolah Dasar yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Cerita Bergambar, Pendidikan Karakter, Kemampuan Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Kadek Mas Anggi Dwiyasari |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 12:28 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 12:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15821 |
Actions (login required)
View Item |