Pramesti, Ni Putu Gita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MUATAN IPAS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN GUGUS IV KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031185-COVER.pdf Download (859kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031185-ABSTRAK.pdf Download (479kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031185-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (358kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031185-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031185-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031185-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031185-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031185-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (456kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031185-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided inquiry berbantuan media audio visual terhadap keterampilan berpikir kritis muatan IPAS siswa kelas IV SD Negeri Gugus IV Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri Gugus IV Kediri terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa yaitu 205 orang dari 6 Sekolah Dasar. Kelas IV B SD Negeri 1 Kediri yang menjadi kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas IV SD Negeri 4 Kediri yang menjadi kelompok kontrol dengan jumlah siswa 29 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes berupa instrumen tes essai. Data posttest keterampilan berpikir kritis muatan materi IPAS dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus separated varians. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung= 3.350 dan ttabel = 2.001 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 59, karena thitung ≥ ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis muatan materi IPAS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Guided inquiry, media audio visual, keterampilan berpikir kritis muatan IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Gita Pramesti |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:14 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15881 |
Actions (login required)
View Item |