Prayoga, Kadek Sonia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V DI SD GUGUS III KECAMATAN GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031206-COVER.pdf Download (336kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031206-ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031206-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031206-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031206-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031206-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031206-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031206-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031206-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap kemampuan kolaborasi dan literasi sains siswa kelas V SD Gugus III kecamatan Gerokgak. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan nonequivalent pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD gugus III kecamatan Gerokgak. Sampel dalam penelitian ini melibatkan dua kelas V, yaitu kelas V SD Negeri 2 Patas sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri 5 Patas sebagai kelas kontrol. Data kemampuan kolaborasi dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner dan instrumen tes berbentuk soal objektif untuk literasi sains. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t dan Manova). Berdasarkan analisis uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 7,793 untuk kemampuan kolaborasi dan 5,724 untuk literasi sains, sedangkan untuk ttabel sebesar 2,028. Selain itu dilihat dari nilai sig. (2-tailed), sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti, secara simultan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap kemampuan kolaborasi dan literasi sains siswa. Berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh skor rata-rata kelompok eksperiman lebih besar dari skor rata-rata kelompok kontrol, yaitu 76,66 >29,35 pada kemampuan kolaborasi, dan 76,49 >33,47 pada literasi sains. Dapat disimpulkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap kemampuan kolaborasi dan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kooperatif, Group Investigation, Kemampuan Kolaborasi, Literasi Sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Sonia Prayoga |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 03:10 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 03:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15894 |
Actions (login required)
View Item |