Damayanti, Ni Putu Riska (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031288-COVER.pdf Download (686kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031288-ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031288-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (262kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031288-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031288-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031288-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031288-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031288-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (500kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031288-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan menghasilkan media video animasi berbasis storytelling yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan diantaranya analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah para ahli, guru, dan siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas video animasi berbasis storytelling pada materi siklus air kelas V sekolah dasar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan rating scale. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Video animasi berbasis storytelling memiliki validitas sangat tinggi, dilihat dari indeks validitas materi 0,89 dan indeks validitas media 0,93. Kepraktisan video animasi berbasis storytelling berkualifikasi sangat praktis dan menarik dilihat dari kepraktisan oleh guru 97,5% dan kepraktisan oleh siswa 91,94%. Efektivitas video animasi berbasis storytelling yang diperoleh rata-rata N-gain 0,52 dengan kategori sedang dan uji-t dengan nilai signifikansi sebesar 0,00< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan literasi sains siswa antara sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan video animasi berbasis storytelling sehingga penggunaan media video animasi berbasis storytelling dalam proses pembelajaran dapat dinyatakan efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi, storytelling, literasi sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Riska Damayanti |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:23 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15933 |
Actions (login required)
View Item |