Ferdiantini, Ni Wayan Aniek (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR KEARIFAN LOKAL ARJA UNTUK MENANAMKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA DIMENSI BERKEBHINEKAAN GLOBAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041037-COVER.pdf Download (846kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041037-ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041037-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041037-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041037-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041037-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041037-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041037-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041037-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk menghasilkan buku cerita bergambar berkearifan lokal arja untuk menanamkan Profil Pelajar Pancasila pada Elemen Berkebhinekaan Global, 2) untuk mengetahui validitas buku cerita bergambar kearifan lokal arja untuk menanamkan profil pelajar pancasila pada dimensi berkebhinekaan global siswa kelas IV SD, 3) untuk mengetahui kepraktisan buku cerita bergambar kearifan lokal arja untuk menanamkan profil pelajar pancasila pada dimensi berkebhinekaan global siswa kelas IV SD, dan 4) untuk mengetahui efektivitas buku cerita bergambar kearifan lokal arja untuk menanamkan profil pelajar pancasila pada dimensi berkebhinekaan global siswa kelas IV SD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di Gugus Singakerta Gianyar. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling, untuk perandoman dilakukan pada kelas dan bukan siswanya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model 4D (Define, Design, Develope, dan Disseminate). Data yang dikumpulkan berupa data validitas, kepraktisan dan efektivitas buku cerita. Data validitas diukur dengan uji validitas melibatkan 6 orang ahli. Data yang telah terkumpul kemudian dikonversi menggunakan skala likert. Data kepraktisan diukur berdasarkan respon guru dan siswa yang diperoleh dari responden yaitu 3 orang guru dan 10 siswa kelas IV. Data efektivitas produk diukur dengan menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) berdasarkan hasil uji validitas ahli, diperoleh rata-rata berada pada kategori sangat baik. 2) berdasarkan hasil analisis respon guru dan siswa diperoleh rerata skor berada pada kategori sangat praktis. 3) berdasarkan hasil efektivitas produk didapatkan 2,19 dimana nilai tersebut berada pada kategori efektivitas tinggi. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan buku cerita bergambar yang valid, praktis dan efektif untuk menanamkan profil pelajar Pancasila terutama pada elemen berkebhinekaan global.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cerita bergambar, kearifan lokal, profil pelajar Pancasila, berkebhinekaan global |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | NI WAYAN ANIEK FERDIANTINI |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 01:46 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 01:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16007 |
Actions (login required)
View Item |