Santiani, Ni Putu Ertha (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI KETERAMPILAN ABAD 21 PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 BUNUTIN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031182-COVER.pdf Download (285kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031182-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031182-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031182-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031182-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031182-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031182-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031182-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031182-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) mengembangkan rancang bangun LKPD berorientasi keterampilan abad 21, (2) menguji validitas media LKPD berorientasi keterampilan abad 21, (3) menguji respon peserta didik dan menguji respon guru terhadap media LKPD berorientasi keterampilan abad 21, (4) menguji efektivitas media LKPD berorientasi keterampilan abad 21 terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V pada ranah psikomotor. Studi pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: (1) tahap analisis (analysis), (2) tahap desain (design), (3) tahap pengembangan (development), (4) tahap implementasi (implementation), (5) dan tahap evaluasi (evaluation). Studi ini mengambil subjek media LKPD berorientasi keterampilan abad 21, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, respon siswa, respon guru, dan efektivitas media. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan tes unjuk kerja untuk menilai produk siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman wawancara, lembar rating scale, dan pedoman unjuk kerja untuk menilai produk siswa. Hasil uji validitas media didapatkan skor dari ahli media sebesar 0,90 dengan predikat/kualifikasi sangat baik, ahli materi sebesar 0,92 dengan predikat/kualifikasi sangat baik, respon siswa siswa sebesar 94% dengan predika/kualifikasi sangat baik, dan respon guru sebesar 98% dengan predikat/kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas dengan Teknik uji-t diperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak, H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berorientasi keterampilan abad 21 pada muatan IPA dinyatakan valid dan efektif dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD pada ranah psikomotor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, LKPD, Berorientasi Keterampilan Abad 21 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ertha Santiani |
Date Deposited: | 16 Jul 2023 23:47 |
Last Modified: | 16 Jul 2023 23:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16094 |
Actions (login required)
View Item |