Mertami, Ketut (2023) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI SARANA LITERASI MEMBACA UNTUK SISWA KELAS II SD GUGUS II KECAMATAN GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041027-COVER.pdf Download (807kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041027-ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041027-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan buku cerita bergambar pada tema 4 yang bermuatan pada pendidikan karakter untuk siswa kelas II SD yang valid dan praktis, dan (2) menguji keefektifan buku cerita bergambar pada tema 4 yang bermuatan pendidikan karakter untuk siswa kelas II SD terhadap literasi nilai-nilai karakter. Subjek penelitian adalah ahli materi, bahasa, dan kegrafikan. Subjek uji coba siswa kelas II SD N 1 Abianbase berjumlah 39 orang dan 4 orang guru untuk uji kepraktisan. Metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes, instrumen penelitian berupa lembar kuisioner validitas, lembar kuisioner kepraktisan, dan tes literasi nilai-nilai karakter. Analisis data menggunakan perhitungan rata-rata dan gain skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) telah dihasilkan buku cerita bergambar bermuatan pendidikan karakter untuk siswa kelas II SD, yang melalui penilaian kevalidan buku melalui evaluasi 2 validator ahli materi, 2 validator ahli kebahasaan, dan 2 validator ahli kegrafikan dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 4,8, kepraktisan buku cerita bergambar dari 4 guru dengan skor 4,95 dengan kualifikasi sangat praktis dan siswa dengan rata-rata 100% berada pada interval kategori sangat praktis. (2) dari data pada hasil uji “Paired Samples Test” menunjukkan bahwa penerapan buku cerita bergambar pada tema hidup bersih dan sehat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II Gugus II Kecamatan Gianyar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: penelitian dan pengembangan, buku cerita bergambar, pendidikan karakter, literasi membaca, murid kelas II SD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ketut Mertami |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 02:27 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 02:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16111 |
Actions (login required)
View Item |