Paramita, Ni Luh Putu Aninditha (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Powerpoint Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar IPA Kelas V Gugus Dewi Sartika Tahun Pelajaran 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041043-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041043-ABSTRAK.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (254kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041043-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui : (1) pengaruh penggunaan Flipped Classroom Berbantuan Powerpoint terhadap Kemampuan Berpikir Kritis siswa, (2) pengaruh penggunaan Flipped Classroom Berbantuan Powerpoint terhadap Prestasi Belajar IPA siswa, (3) pengaruh penggunaan Flipped Classroom Berbantuan Powerpoint terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar IPA siswa. Fokus masalah pada penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Powerpoint terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan racangan non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Siswa kelas V Gugus Dewi Sartika Kota Denpasar yang terdiri dari 288 siswa. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan teknik group random sampling. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 116 siswa. Data dalam penelitian ini berupa skor keamampuan berpikir kritis siswa dan skor Prestasi Belajar IPA yang dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Powerpoint dan model pembelajaran langsung (F=7,958; P<0,006), (2) terdapat perbedaan yang signifikan Prestasi Belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Powerpoint dan model pembelajaran langsung (F=13,591; P<0,001), dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Powerpoint dan model pembelajaran langsung (F=12,295; P<0,001).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Flipped Classroom, Powerpoint, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Aninditha Paramita A |
Date Deposited: | 16 Jul 2023 01:24 |
Last Modified: | 16 Jul 2023 01:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16140 |
Actions (login required)
View Item |