Swadnyana, Ida Bagus Yoga (2023) PENGEMBANGAN BUKU ZIG-ZAG BERORIENTASI CERITA BUDAYA BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR BILINGUAL GENTA SARASWATI GIANYAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129041061-Cover)
2129041061-Cover.pdf Download (776kB) |
|
Text (2129041061-ABSTRAK)
2129041061-Abstrak.pdf Download (362kB) |
|
Text (2129041061-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041061-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (406kB) |
|
Text (2129041061-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041061-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
|
Text (2129041061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041061-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) | Request a copy |
|
Text (2129041061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041061-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (2129041061-BAB 5 PENUTUP)
2129041061-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (2129041061-DAFTAR PUSTAKA)
2129041061-Daftar Pustaka.pdf Download (373kB) |
|
Text (2129041061-LAMPIRAN)
2129041061-Lampiran.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepratisan, dan efektivitas implementasi buku zig-zag berorientasi cerita budaya Bali untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa kelas I sekolah dasar bilingual Genta Saraswati Gianyar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah Para Ahli, guru kelas I sekolah dasar bilingual, dan siswa kelas I sekolah dasar bilingual Genta Saraswati Gianyar. Analisis data dilakukan dengan metode deskripsi kualitatif, kuantitatif, dan teknik analisis statistik inferensial atau t-test. Berdasarkan hasil yang didapat, disimpulkan bahwa buku zig-zag berorientasi cerita budaya Bali adalah buku cerita yang jika dibuka akan membentuk lipatan zig-zag dari tampak atas serta mengandung cerita budaya Bali dengan pengantar bahasa Inggris. Validitas media, materi dan bahasa pada buku zig-zag berorientasi cerita budaya Bali menunjukkan kategori yang sangat tinggi, Buku zig-zag menunjukkan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 98%, Efektivitas media menunjukkan kategori besar dengan kontribusi yang signifikan bagi kemampuan membaca bahasa Inggris Siswa. Persentase peningkatan dalam pengukuran effect size tes yang dinjukkan adalah 88% (sangat tinggi) kemampuan membaca bahasa Inggris kelas I sekolah dasar Genta Saraswati Gianyar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Bahasa Inggris, Buku Zig-Zag, Cerita Berorientasi Budaya Bali, Bilingual, Sekolah Dasar Bilingual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ida Bagus Yoga Swadnyana |
Date Deposited: | 16 Jul 2023 01:19 |
Last Modified: | 16 Jul 2023 01:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16151 |
Actions (login required)
View Item |