Sari, Purmia (2023) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KOTA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021026-COVER.pdf Download (741kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021026-ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (212kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021026-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021026-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021026-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kota Singaraja, 2) hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kota Singaraja, 3) hubungan antara efikasi diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kota Singaraja. Efikasi diri dan motivasi berprestasi adalah variabel prediktor, variabel kriteriumnya adalah prstasi belajar fisika siswa. Penelitian ini berjenis korelasional dengan metode ex-post facto dengan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kota Singaraja Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 472 orang. Sampel sebanyak 248 orang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Data efikasi diri dan motivasi berprestasi siswa dikumpulkan dengan kuesioner. Data prestasi belajar fisika dikumpulkan dengan tes pilihan ganda dan dianalisis melalui lima tahap, yaitu analisis deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier sederhana, uji regresi berganda, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dan prestasi belajar fisika (R=0,534,p<0,05); 2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika (R=0,483,p<0,05); 3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dan motivasi berprestasi secara simultan dengan prestasi belajar fisika (R=0,611,p<0,05). Pada penelitian ini didapatkan juga nilai sumbangan efektif untuk variabel efikasi diri dan motivasi berprestasi secara berturut-turut adalah 20,18% dan 17,22%, sedangkan sumbangan efektif untuk variabel efikasi diri dan motivasi berprestasi secara simultan yaitu sebesar 37,40%. Dari hasil penelitian tersebut disarankan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran yang tepat untuk dapat menumbuhkan efikasi diri dan motivasi berprestasi siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efikasi diri, motivasi berprestasi, prestasi belajar fisika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Purmia Sari |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 00:57 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16284 |
Actions (login required)
View Item |