HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN BANJAR

Muna, Naila Atsna (2023) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KECAMATAN BANJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021012-COVER.pdf

Download (432kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021012-ABSTRAK.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021012-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara: 1) dukungan sosial orang tua dengan hasil belajar fisika, (2) motivasi belajar dengan hasil belajar fisika, dan 3) dukungan sosial orang tua dan motivasi belajar dengan hasil belajar fisika. Dukungan sosial orang tua dan motivasi belajar merupakan variabel prediktor pada penelitian ini, variabel kriteriumnya adalah hasil belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain expost-facto. Populasi penelitian ini sebanyak 245 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri Se-Kecamatan Banjar. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan jumlah sampel sebanyak 150 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa kuesioner dan tes pilihan ganda yang sudah melalui tahapan uji validitas dan reliabilitas. Reliabilitas kuesioner dukungan sosial orang tua, motivasi belajar dan hasil belajar fisika secara berturut-turut adalah 0,882, 0,898, dan 0,859. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lima tahap yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier satu prediktor, uji regresi ganda dua prediktor, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan hasil belajar fisika (b=0,086; p<0,05; F=15,375; SE=6,49%). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar fisika (b=0,097; p<0,05; F=16,941; SE=7,21%). Kedua prediktor secara simultan juga menujukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar fisika (b_1=0,058,b_2=0,070; p<0,05; F=11,703; SE=13,7%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial orang tua, motivasi belajar, hasil belajar fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Naila Atsna Muna
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:03
Last Modified: 20 Jul 2023 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16285

Actions (login required)

View Item View Item