Suryaningsih, Ketut (2023) Kendala Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Teks Deskripsi di SMPN 2 Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912011012-COVER.pdf Download (659kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912011012-ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912011012-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kendala guru dalam menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks deskripsi. 2) kendala guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi teks deskripsi dan mendeskripsikan hasil penelitian secara sistematis akurat, dan lebih menekankan pada data faktual di SMPN 2 Sawan. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan objek penelitian ini adalah kendala yang dihadapi oleh guru dalam menyusun Modul Ajar dan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada materi teks deskripsi pada keterampilan menyimak dan memirsa. Terdapat empat metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, 3) kuesioner, dan 4) dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah: 1) identifikasi data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) guru mendapatkan kendala berupa kurangnya waktu dalam menyusun Modul Ajar, 2) pemilihan dan penyusunan materi Modul Ajar, dan 3) Saat implementasi kurangnya fasilitas dan pengalaman guru menjadi kendala dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kendala Guru, Kurikulum Merdeka Belajar, Modul Ajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Bahasa Inggris (D3) |
Depositing User: | Ketut Suryaningsih |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 14:23 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 14:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16549 |
Actions (login required)
View Item |