Krisnayanti, Ni Kadek Dian (2023) Pengaruh Problem Based Learning dengan Pendekatan Open-Ended terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kubu. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021006-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021006-ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021006-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa yang merupakan salah satu keterampilan dasar untuk menghadapi era 4.0. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar menggunakan model problem based learning dengan pendekatan open-ended (PBL-OE) dan model direct instruction (DI). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dan desian penelitian one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kubu yang terbagi menjadi 3 kelas dengan total populasi 97 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple randomize dengan 2 kelas sampel yang digunakan yaitu XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan total sampel 65 siswa. Data keterampilan berpikir kreatif diukur menggunakan instrumen penelitian berbentuk 10 soal esai dengan reliabilitas tes sebesar 0,815 dan konsistensi internal tes bergerak pada 0,363-0,760. Data dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis kovarian (ANAKOVA) dan uji lanjut LSD taraf signifikansi 5%. Kelompok model PBL-OE memeroleh nilai rata-rata posttest sebesar 77,34 (SD=7,10) sedangkan kelompok model DI sebesar 63,79 (SD= 9,42). Hasil ANAKOVA menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan model PBL-OE dengan siswa yang belajar menggunakan model DI (F^*=59,325; p=0,001). Hasil uji LSD menunjukkan siswa yang belajar dengan menggunakan model PBL-OE memiliki keterampilan berpikir kreatif lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan menggunakan model DI (∆μ^*=11,568; p=0,001). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PBL-OE berpengaruh lebih tinggi terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model problem based learning, pendekatan open-ended, model direct instruction, keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Dian Krisnayanti |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 03:50 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16584 |
Actions (login required)
View Item |