Purnamasari, Ida Ayu Putu Aryasti (2023) PENINGKATAN PENGUASAAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA PADA SISWA KELAS XI IBB DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA BERBANTUAN MEDIA APLIKASI MEMORY HINT DAN OBENKYO. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesa.
Text (COVER)
1912061020_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912061020_ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
|
Text (BAB I)
1912061020_BAB I.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB II)
1912061020_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
1912061020_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
1912061020_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
1912061020_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912061020_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912061020_LAMPIRAN.pdf Download (994kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana pada siswa kelas XI IBB di SMA Negeri 1 Singaraja berbantuan media aplikasi Memory Hint dan Obenkyo. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI Ilmu Bahasa dan Budaya (IBB) SMA Negeri 1 Singaraja. Data dikumpulkan melalui observasi, test dan wawancara. Data penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pembelajaran berbantuan aplikasi Memory Hint dan Obenkyo dapat meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana. Pada hasil pre-test siswa memperoleh rata-rata 72,2 dengan ketuntasan klasikal 51,5%. Siklus I siswa memperoleh rata-rata 75,6 dengan ketuntasan klasikal 72,7%. Siklus II siswa memperoleh rata-rata 85,0 dengan ketuntasan klasikal 100%. Respons siswa kelas XI IBB tergolong positif dengan menunjukkan peningkatan pada hasil pembelajaran dan capaian kompetensi. Peningkatan hasil pembelajaran ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai capaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), peningkatan kompetensi yang ditunjukkan dengan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana, serta peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan capaian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran huruf berbantuan media aplikasi Memory Hint dan Obenkyo mampu meningkatkan penguasaan huruf Hiragana dan Katakana siswa kelas XI IBB. Kata kunci : Aplikasi Memory Hint dan Obenkyo, huruf Hiragana dan Katakana, capaian KKM, respons positif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Memory Hint dan Obenkyo, huruf Hiragana dan Katakana, capaian KKM, respons positif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Putu Aryasti Purnamasari |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 03:25 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16762 |
Actions (login required)
View Item |