HUBUNGAN ANTARA FUNGSI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KOTA DENPASAR

Taufik, Shaffani Anggia Latifah (2023) HUBUNGAN ANTARA FUNGSI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KOTA DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913021010-COVER.pdf

Download (790kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913021010-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913021010-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara: 1) fungsi keluarga dengan prestasi belajar, 2) motivasi belajar dengan prestasi belajar, 3) fungsi keluarga dan motivasi belajar secara simultan dengan prestasi belajar fisika. Fungsi keluarga dan motivasi belajar merupakan variavel bebas dalam penelitian ini, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan desain expost facto. Populasi penelitian ini sebanyak 1788 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kota Denpasar. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 327 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa kuesioner fungsi keluarga, kuisioner motivasi belajar dan tes prestasi belajar fisika yang sudah melalui tahapan uji validitas dan reliabilitas. Reliabilitas kuesioner fungsi keluarga, motivasi belajar dan prestasi belajar secara berturut-turut adalah 0,926, 0,926, dan 0,783. Metode statistik yang digunakan untuk analisis data adalah analisis korelasi product moment, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara fungsi keluarga dengan prestasi belajar, nilai R square yang diperoleh 0,187. Terdapat pula hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, nilai R square 0,142. Kedua prediktor secara simultan juga menujukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar dengan nilai R square 0,321. Pada penelitian ini didapatkan juga nilai sumbangan efektif untuk variabel fungsi keluarga dengan motivasi belajar secara berturut-turut adalah 3,80% dan 28,29%, sedangkan secara simultan kedua prediktor memberikan nilai sumbangan efektif sebesar 32,09%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: fungsi keluarga, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Shaffani Anggia Latifah Taufik
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:46
Last Modified: 25 Jul 2023 01:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16869

Actions (login required)

View Item View Item