Taufik, Shaffani Anggia Latifah (2023) HUBUNGAN ANTARA FUNGSI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS XI MIPA SMA NEGERI SE-KOTA DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913021010-COVER.pdf Download (790kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913021010-ABSTRAK.pdf Download (49kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913021010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913021010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913021010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913021010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913021010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913021010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913021010-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara: 1) fungsi keluarga dengan prestasi belajar, 2) motivasi belajar dengan prestasi belajar, 3) fungsi keluarga dan motivasi belajar secara simultan dengan prestasi belajar fisika. Fungsi keluarga dan motivasi belajar merupakan variavel bebas dalam penelitian ini, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan desain expost facto. Populasi penelitian ini sebanyak 1788 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Kota Denpasar. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 327 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa kuesioner fungsi keluarga, kuisioner motivasi belajar dan tes prestasi belajar fisika yang sudah melalui tahapan uji validitas dan reliabilitas. Reliabilitas kuesioner fungsi keluarga, motivasi belajar dan prestasi belajar secara berturut-turut adalah 0,926, 0,926, dan 0,783. Metode statistik yang digunakan untuk analisis data adalah analisis korelasi product moment, regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara fungsi keluarga dengan prestasi belajar, nilai R square yang diperoleh 0,187. Terdapat pula hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, nilai R square 0,142. Kedua prediktor secara simultan juga menujukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar dengan nilai R square 0,321. Pada penelitian ini didapatkan juga nilai sumbangan efektif untuk variabel fungsi keluarga dengan motivasi belajar secara berturut-turut adalah 3,80% dan 28,29%, sedangkan secara simultan kedua prediktor memberikan nilai sumbangan efektif sebesar 32,09%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fungsi keluarga, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Shaffani Anggia Latifah Taufik |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 01:46 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 01:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16869 |
Actions (login required)
View Item |