Suadnyani, Ida Ayu Putu Mas (2023) Analisis Kemampuan Literasi Matematika Guru Sekolah Dasar Gugus I Kecamatan Negara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011013-COVER.pdf Download (567kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011013-ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1713011013-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (190kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1713011013-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1713011013-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1713011013-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1713011013-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011013-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika guru dalam menyelesaikan soal matematika materi bilangan bulat, pecahan, aritmatika sosial dan statistika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas Sekolah Dasar di Gugus I Kecamatan Negara sebanyak 18 orang guru kelas dari 6 sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan tes. Intrumens penelitian berupa tes pilihan ganda kemampuan literasi matematika yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data deskriptif kualitatif dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini analisis kemampuan literasi matematika didasarkan pada langkah-langkah Polya yaitu memahami, merencanakan, melaksanakan dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata tes kemampuan literasi matematika guru sebesar 81,94 dengan kategori tinggi dan dari hasil wawancara yang dianalisis dengan langkah-langkah Polya disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematika guru masih ada kekeliruan dikarenakan tidak memahami masalah, kurang teliti membaca soal, tidak dapat menentukan strategi untuk memecahkan masalah, dan kurang terbiasa memeriksa kembali kesimpulan akhir proses perhitungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi, numerasi, Polya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Putu Mas Suadnyani |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:04 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16933 |
Actions (login required)
View Item |