Pradnyadewi, Diah Ayu Manik (2023) Senior High School English Teachers’ Perception and Practices of Authentic Assessment for Assessing Students’ Productive Skills in Merdeka Curriculum. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129081053-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129081053-ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129081053-LAMPIRAN.pdf Download (756kB) |
Abstract
Sebagai bagian dari proses belajar mengajar, penilaian autentik dianggap sebagai bagian penting untuk menilai kemampuan berbahasa siswa. Ini mempersiapkan siswa untuk siap menghadapi tantangan di masa depan dalam kehidupan akademik mereka di masa depan. Mendukung kebijakan baru Kurikulum Merdeka, guru juga didorong untuk memaksimalkan penerapan penilaian autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru mempersepsikan, merencanakan, dan menerapkan penilaian autentik untuk menilai keterampilan produktif siswa dalam Kurikulum Merdeka. Dengan menggunakan studi kasus sebagai desain penelitian, penelitian ini menggunakan analisis tematik sebagai analisis data untuk menginterpretasikan kasus tersebut. 2 orang guru menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen yaitu wawancara, analisis dokumen, dan observasi dimana data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan persepsi guru dari beberapa aspek yaitu keyakinan, pengetahuan, dan sikap. Umumnya, mereka menganggap penilaian autentik itu penting karena memengaruhi perencanaan dan praktik penilaian autentik, dan mereka percaya bahwa penilaian autentik dapat mengembangkan keterampilan produktif siswa. Kemudian dilakukan identifikasi perencanaan dan pelaksanaan dan hasilnya menunjukkan ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam perencanaan penilaian autentik untuk penilaian keterampilan produktif siswa. Selanjutnya guru menerapkan penilaian autentik dengan menerapkan beberapa teknik penilaian kemampuan produktif siswa berdasarkan materi autentik dan strategi yang dirancang dalam Kurikulum Merdeka. Temuan lain menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi, perencanaan, dan pelaksanaan penilaian autentik untuk menilai keterampilan produktif siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk umpan balik penting dan refleksi diri bagi guru, pembuat kebijakan, dan pengembang kurikulum untuk meningkatkan pengetahuan pedagogis mereka dalam menilai keterampilan produktif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, perencanaan, pelaksanaan, penilaian autentik kemampuan produktif, kurikulum Merdeka Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Diah Ayu Manik Pradnyadewi |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 06:37 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 06:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16957 |
Actions (login required)
View Item |