Pengembangan Panduan Melaksanakan Pembelajaran Literasi Baca Tulis Berbasis Keterampilan Abad 21 Untuk Kelas III Sekolah Dasar

Bayu, Gede Wira (2023) Pengembangan Panduan Melaksanakan Pembelajaran Literasi Baca Tulis Berbasis Keterampilan Abad 21 Untuk Kelas III Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1639031008-COVER.pdf

Download (714kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1639031008-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1639031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1639031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1639031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1639031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1639031008-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1639031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1639031008-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ipanduan ipembelajaran iliterasi baca itulis iberbasis iketerampilan abad-21 di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan model pengembangan Four-D. Adapun tahapan 4D adalah define, design, develop, dan disseminate. Subjek dari pengembangan ini adalah guru kelas III pada SD Piloting K13 di Kecamatan Buleleng yang berjumlah 9 orang guru dan siswa kelas III di SDN 1 Banyuasri dan SDN 1 paket Agung yang berjumlah 61 siswa. Data pengembangan dikumpulkan dengan metode observasi dan penyebaran kuesioner. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. iHasil ipenelitian ini juga menunjukkan bahwa (1) Pengembangan yang dilakukan sudah menghasilkan panjuan yang teruji validitas desain, isi dan bahasanya pada kategori sangat baik, dan (2) efektivitas panduan ipembelajaran iliterasi ibaca tulis iberbasis iketerampilan iabad i21 ipada siswa ikelas iIII isekolah idasar dinyatakan efektif (baik) untuk meningkatkan keterampilan literasi baca tulis siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: literasi baca tulis, panduan pembelajaran, keterampilan abad 21
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3)
Depositing User: Gede Wira Bayu
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:51
Last Modified: 27 Jul 2023 06:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17291

Actions (login required)

View Item View Item