Bayu, Gede Wira (2023) Pengembangan Panduan Melaksanakan Pembelajaran Literasi Baca Tulis Berbasis Keterampilan Abad 21 Untuk Kelas III Sekolah Dasar. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1639031008-COVER.pdf Download (714kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1639031008-ABSTRAK.pdf Download (50kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1639031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (316kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1639031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1639031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1639031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (721kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1639031008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1639031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1639031008-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ipanduan ipembelajaran iliterasi baca itulis iberbasis iketerampilan abad-21 di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan model pengembangan Four-D. Adapun tahapan 4D adalah define, design, develop, dan disseminate. Subjek dari pengembangan ini adalah guru kelas III pada SD Piloting K13 di Kecamatan Buleleng yang berjumlah 9 orang guru dan siswa kelas III di SDN 1 Banyuasri dan SDN 1 paket Agung yang berjumlah 61 siswa. Data pengembangan dikumpulkan dengan metode observasi dan penyebaran kuesioner. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. iHasil ipenelitian ini juga menunjukkan bahwa (1) Pengembangan yang dilakukan sudah menghasilkan panjuan yang teruji validitas desain, isi dan bahasanya pada kategori sangat baik, dan (2) efektivitas panduan ipembelajaran iliterasi ibaca tulis iberbasis iketerampilan iabad i21 ipada siswa ikelas iIII isekolah idasar dinyatakan efektif (baik) untuk meningkatkan keterampilan literasi baca tulis siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi baca tulis, panduan pembelajaran, keterampilan abad 21 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Gede Wira Bayu |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:51 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17291 |
Actions (login required)
View Item |