Sevinka, Athaya Yola (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN GENERAL SELF-EFFICACY SCALE (SKALA UMUM EFIKASI DIRI) PADA SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911011006-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911011006-ABSTRAK.pdf Download (455kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911011006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (382kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911011006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911011006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (679kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911011006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911011006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911011006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (572kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911011006-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk berupa Instrumen Self-Efficacy pada siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode penelitian R&D. Tahapan dalam penelitian secara operasional mengadopsi model tahapan 10 langkah modifikasi dari Nyoman Dantes (2021). Langkah-langkah sebagai berikut: (1) menetapkan tujuan tes, (2) analisis referensi dan sumber belajar lainnya, (3) menyusun kisi-kisi, (4) menulis butir soal, (5) menelaah soal (validitas konsep), (6) revisi/perbaikan soal, (7) reproduksi tes secara masal, (8) uji coba tes secara awal dan uji coba inti, (9) analisis hasil uji coba, dan (10) merakit butir tes menjadi tes. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan didapatkan jumlah sampel sebanyak 175 orang siswa. Kemudian untuk hasil dari CVR, diperoleh ΣCVR sebesar 47,6. Dan nilai CVI sebesar 0,95 yang dikategorikan sebagai “sangat tinggi/relevan”. Berdasarkan pada uji validitas secara terbatas dapat disimpulkan bahwa dari 50 item butir pernyataan pada skala self-efficacy terdapat 40 item butir yang dinyatakan valid/terpakai dalam skala self-efficacy karena nilai r hitung (total correlation) menunjukan ≥ r tabel sebesar 0,344, dan 10 butir yang tidak valid/gugur karena nilai r hitung ≤ r tabel sebesar 0,344. Selanjutnya uji validitas empirik secara luas melibatkan sejumlah 175 orang siswa dalam pengujian validitas empirik secara luas menggunakan program SPSS dengan uji Pearson Correlation Product Moment. Berdasarkan hasil uji validitas empirik secara luas, disimpulkan bahwa 50 item pernyataan dalam skala self-efficacy memiliki r hitung (total correlation) > dari 0,148 berdasar tabel r hitung dengan N=175. Maka dapat dimaknai bahwa dalam skala self-efficacy memiliki status valid atau terpakai. Berdasarkan uji reliabilitas, menunjukan koefisien reliabilitas instrumen self-efficacy memperoleh hasil sebesar 0,960, berdasarkan tabel klasisifikasi koefisien Alpha Cronbach, dengan ini dapat disimpulkan bahwa instrumen self-efficacy ini memiliki interprestasi pada level sangat tinggi, sehingga instrumen ini layak untuk digunakan dan disebarluaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | self-efficacy, pengembangan instrumen skala, R&D |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Athaya Yola Sevinka |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 01:50 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 01:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17472 |
Actions (login required)
View Item |