EVALUASI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN EKONOMI SECARA DARING DAN LURING MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMA NEGERI 2 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Mahadewi, Ida Ayu (2023) EVALUASI KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN EKONOMI SECARA DARING DAN LURING MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMA NEGERI 2 TABANAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129021018-COVER)
2129021018-Cover.pdf

Download (812kB)
[img] Text (2129021018-ABSTRAK)
2129021018-Abstrak.pdf

Download (222kB)
[img] Text (2129021018-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021018-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (576kB)
[img] Text (2129021018-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021018-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (2129021018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021018-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (2129021018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021018-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2129021018-BAB 5 PENUTUP)
2129021018-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (2129021018-DAFTAR PUSTAKA)
2129021018-Daftar Pustaka.pdf

Download (473kB)
[img] Text (2129021018-LAMPIRAN)
2129021018-Lampiran.pdf

Download (19MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 ini telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut daring (dalam jaringan). Penelitian ini bertujuan mengevaluasi keefektifan pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Tabanan, baik secara daring maupun luring dengan menggunakan model context input process and product (CIPP). Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi kuantitatif sebab proses evaluasi dilakukan secara inkuiri dengan memanfaatkan instrumen kuantitatif untuk mendapatkan data dalam bentuk bilangan. Hasil penelitian menyatakan bahwa efektifitas pembelajaran ekonomi secara daring berlangsung sangat efektif. Nilai t untuk semua komponen, baik context, input, process, maupun product bernilai positif, sehingga berada pada kuadran I dalam kategori sangat efektif. Hasil yang sama diperoleh untuk pembelajaran ekonomi secara luring, yang mana nilai t untuk semua komponen bernilai positif, sehingga berada pada kuadran I dalam kategori sangat efektif. Temuan tersebut mengisyaratkan bahwa sampai saat ini, semua komponen, yakni context, input, process, dan product masih berada pada kondisi positif dalam arti tidak mengkhawatirkan. Walaupun demikian, untuk output yang lebih optimal, direkomendasikan kepada semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan sekolah untuk meningkatkan efektivitas semua kompenen, atau paling tidak mempertahankan kondisi yang sudah efektif seperti sekarang ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Efektifitas, Pembelajaran Ekonomi, CIPP
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ida Ayu Mahadewi
Date Deposited: 16 Oct 2023 00:08
Last Modified: 16 Oct 2023 00:08
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17536

Actions (login required)

View Item View Item