Sawitri, Ni Luh (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PENEBEL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (129021022-COVER)
2129021022-Cover.pdf Download (846kB) |
|
Text (2129021022-ABSTRAK)
2129021022-Abstrak.pdf Download (372kB) |
|
Text (2129021022-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129021022-BAB 1 Pendahuluan.pdf Download (381kB) |
|
Text (2129021022-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129021022-BAB 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) | Request a copy |
|
Text (2129021022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129021022-BAB 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) | Request a copy |
|
Text (2129021022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129021022-BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text (2129021022-BAB 5 PENUTUP)
2129021022-BAB 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (2129021022-DAFTAR PUSTAKA)
2129021022-Daftar Pustaka.pdf Download (518kB) |
|
Text (2129021022-LAMPIRAN)
2129021022-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Profil Pelajar Pancasila Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Penebel Tahun Pelajaran 2022/2023 Penelitian ini dirancang dalam kelompok kontrol pretest-post-test kuasi eksperimen dengan desain Treatment By Level 2x2. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas X SMA N 1 Penebel sebagai populasi dalam penelitian ini. Kemudian sampel dalam penelitian ini dipilih melalui random sampling melibatkan 76 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan koesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar ekonomi peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran problem based learning berbasis profil pelajar Pancasila lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional; 2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi; 3) untuk peserta didik dengan motivasi belajar tinggi, hasil belajar ekonomi yang mengikuti model pembelajaran problem based learning berbasis profil pelajar Pancasila lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional; 4) pada peserta didik dengan motivasi belajar rendah, hasil belajar ekonomi yang mengikuti model pembelajaran problem based learning berbasis profil pelajar Pancasila lebih rendah dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Pembelajaran problem based learning berbasis profil pelajar Pancasila memberikan kontribusi terhadap proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Ekonomi, Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Sawitri |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 07:52 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 07:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17711 |
Actions (login required)
View Item |