Dartiani, Luh Mas Eka (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XII IPS 1 SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1917011075-COVER.pdf Download (334kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1917011075-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1917011075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (76kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1917011075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1917011075-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
1917011075-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1917011075-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1917011075-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1917011075-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi dan respon siswa terhadap penerapan metode brainstorming. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini sebanyak 36 orang siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Singaraja dan objek penelitian ini yaitu metode brainstorming. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu tes essay dan angket respon siswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi. Data tersebut diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritis peserta didik pada akhir siklus I dan siklus II. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 67,78 dengan tingkat presentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis sebesar 55,56% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 78,47 dengan tingkat presentase ketuntasan kemampuan berpikir kritis sebesar 100%. Tanggapan siswa terhadap penerapan metode pembelajaran brainstorming tergolong positif dengan perolehan skor rata-rata 83,91. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Brainstorming; Kemampuan Berpikir Kritis; Pembelajaran Ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Luh Mas Eka Dartiani |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 00:39 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 00:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17853 |
Actions (login required)
View Item |