PENGARUH MODEL PEMBLAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA ICT TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK MATERI SENAM LANTAI (SIKAP LILIN DAN LOMPAT HARIMAU) PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Wahyu, Gusti (2023) PENGARUH MODEL PEMBLAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA ICT TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR PJOK MATERI SENAM LANTAI (SIKAP LILIN DAN LOMPAT HARIMAU) PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1916011059-COVER.pdf

Download (980kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1916011059-ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011059-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (420kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011059-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011059- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011059-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011059-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011059-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1916011059-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung oleh media pembelajaran senam lantai berbasis ICT TPACK dalam pelajaran PJOK. PBL menekankan pemecahan masalah melalui situasi dunia nyata, sementara ICT TPACK mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Singaraja, dengan peserta didik kelas IX sebagai populasi. Sampel dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian melibatkan tes tulis dan tes keterampilan yang mengevaluasi pengetahuan serta keterampilan dalam senam lantai. Analisis data melibatkan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasilnya menunjukkan kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran PBL dengan dukungan ICT TPACK mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan dibandingkan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil rata-rata kelompok eksperimen adalah 0,623, sedangkan kelompok kontrol adalah 0,318. Uji hipotesis menunjukkan nilai probabilitas (p) pada equal variances assumed sebesar 0,000, yang lebih rendah dari 0,05, menunjukkan penolakan terhadap H0. Kesimpulannya, model pembelajaran PBL dengan Media ICT TPACK memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar senam lantai peserta didik kelas IX SMP Negeri 6 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media ICT TPACK, Problem Based Learning, senam lantai.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Gusti Ngurah Kade Wahyu Ari Dewata
Date Deposited: 24 Oct 2023 00:33
Last Modified: 24 Oct 2023 00:33
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17887

Actions (login required)

View Item View Item