Sudiksa, I Made (2023) PENGARUH DESAIN PESAN E-LEARNING DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2039011027-COVER.pdf Download (390kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2039011027-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011027-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2039011027-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tingginya pengangguran terbuka yang berasal dari lulusan perguruan tinggi merupakan permasalahan yang mengkhawatirkan. Fenomena ini salah satunya disebabkan karena rendahnya mutu pendidikan yang hasilkan perguruan tinggi. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar, baik kualitas maupun kuantitas. Penelitian ini bertujuan menjelasakan pengaruh langsung desain pesan e-learning dan kompetensi dosen terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa, serta motivasi belajar dalam memediasi pengaruh desain pesan e-learning dan kompetensi dosen terhadap hasil belajar. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan pada mahasiswa Universitas Pendidikan Nasional Denpasar yang mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan sebanyak 174 orang mahasiswa dengan pendekatan ex-post facto. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berbentuk kuesioner dengan skala Likert, tes objektif dan tes essai. Data dianalisis dengan teknik analisis data Structural Equation Modelling (SEM) dengan program WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan desain pesan e- learning yang terdiri dari prinsip kesiapan dan motivasi, prinsip persepsi, prinsip memori, dan prinsip belajar konsep berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Kompetensi dosen yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Motivasi belajar mampu memediasi secara parsial pengaruh desain pesan e-learning dan kompetensi dosen terhadap hasil belajar mahasiswa
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | desain pesan e-learning, kompetensi dosen, motivasi belajar dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I Made Sudiksa |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:54 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17959 |
Actions (login required)
View Item |