PENGARUH DESAIN PESAN E-LEARNING DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Sudiksa, I Made (2023) PENGARUH DESAIN PESAN E-LEARNING DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2039011027-COVER.pdf

Download (390kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2039011027-ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2039011027-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2039011027-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2039011027-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2039011027-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2039011027-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2039011027-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2039011027-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tingginya pengangguran terbuka yang berasal dari lulusan perguruan tinggi merupakan permasalahan yang mengkhawatirkan. Fenomena ini salah satunya disebabkan karena rendahnya mutu pendidikan yang hasilkan perguruan tinggi. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar, baik kualitas maupun kuantitas. Penelitian ini bertujuan menjelasakan pengaruh langsung desain pesan e-learning dan kompetensi dosen terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa, serta motivasi belajar dalam memediasi pengaruh desain pesan e-learning dan kompetensi dosen terhadap hasil belajar. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan pada mahasiswa Universitas Pendidikan Nasional Denpasar yang mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan sebanyak 174 orang mahasiswa dengan pendekatan ex-post facto. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berbentuk kuesioner dengan skala Likert, tes objektif dan tes essai. Data dianalisis dengan teknik analisis data Structural Equation Modelling (SEM) dengan program WarpPLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan desain pesan e- learning yang terdiri dari prinsip kesiapan dan motivasi, prinsip persepsi, prinsip memori, dan prinsip belajar konsep berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Kompetensi dosen yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa. Motivasi belajar mampu memediasi secara parsial pengaruh desain pesan e-learning dan kompetensi dosen terhadap hasil belajar mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: desain pesan e-learning, kompetensi dosen, motivasi belajar dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: I Made Sudiksa
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:54
Last Modified: 26 Oct 2023 02:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17959

Actions (login required)

View Item View Item