Mara, Yulia (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SENAM LANTAI-ROLL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANJAR TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011004-COVER.pdf Download (878kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011004-ABSTRAK.pdf Download (283kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (283kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011004-BAB 2 KAIJAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1916011004-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011004-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan meningkatkan hasil belajar PJOK senam lantai-roll, melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek yang digunakan sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data ini dilaksanakan dengan alur (1) Rencana tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Analisis data dicari dari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan pada siklus I yaitu sebesar 74,3% pada siklus II meningkat menjadi 100%, pada aspek sikap siklus I yaitu sebesar 65,7% pada siklus II meningkat menjadi 100%, dan pada aspek ketrampilan siklus I yaitu sebesar 65,7% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 10%. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif meningkatkan hasil belajar PJOK materi senam lantai-roll pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar. Adapun saran yang diberikan yaitu 1) Guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, 2) Peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Jigsaw, hasil belajar, roll depan dan roll belakang |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Yulia Mara |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 01:56 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 01:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17993 |
Actions (login required)
View Item |