PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA PADA SISWA KELAS V GUGUS VI KECAMATAN SERIRIT

Sagita Pradnyani, Putu (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA PADA SISWA KELAS V GUGUS VI KECAMATAN SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031263-COVER.pdf

Download (976kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031263-ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031263-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031263-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031263-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031263-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031263-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031263-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031263-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis IPA pada siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Seririt. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Seririt. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling dimana kelas eksperimen berjumlahkan 30 orang siswa dan kelas kontrol berjumlahkan 26 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan Tes dengan 30 butir soal.Data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 diperoleh (dk) = 49, sehingga diperoleh ttabel = 1,297 dan nilai thitung diperoleh yaitu 1.743, sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi IPA zat tunggal dan zat campuran. Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran PBL ini selanjutnya diaharapkan bisa cukup efektif dalam memudahkan pemahaman siswa dan sehubungan pengetahuan mereka dengan realitas permasalahan yang ada dalam masyarakat, dan diharapkan penelitian ini bisa menjadi sumber referensi untuk penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Sagita Pradnyani
Date Deposited: 26 Oct 2023 22:42
Last Modified: 26 Oct 2023 22:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18198

Actions (login required)

View Item View Item