Sagita Pradnyani, Putu (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA PADA SISWA KELAS V GUGUS VI KECAMATAN SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031263-COVER.pdf Download (976kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031263-ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031263-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031263-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031263-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031263-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031263-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031263-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031263-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis IPA pada siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Seririt. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Seririt. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling dimana kelas eksperimen berjumlahkan 30 orang siswa dan kelas kontrol berjumlahkan 26 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan Tes dengan 30 butir soal.Data diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 diperoleh (dk) = 49, sehingga diperoleh ttabel = 1,297 dan nilai thitung diperoleh yaitu 1.743, sehingga dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi IPA zat tunggal dan zat campuran. Penelitian dengan menggunakan model pembelajaran PBL ini selanjutnya diaharapkan bisa cukup efektif dalam memudahkan pemahaman siswa dan sehubungan pengetahuan mereka dengan realitas permasalahan yang ada dalam masyarakat, dan diharapkan penelitian ini bisa menjadi sumber referensi untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Sagita Pradnyani |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 22:42 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 22:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18198 |
Actions (login required)
View Item |