Ningsih, Ni Kadek Semartini Widya (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS I DI SD NEGERI 5 TONJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031053-COVER.pdf Download (933kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031053-ABSTRAK.pdf Download (623kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (591kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (826kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031053-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031053-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031053-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, kelayakan, serta efektivitas dari e-modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis profil pelajar Pancasila pada siswa kelas 1 di SD Negeri 5 Tonja. Tipe Penelitian pengembangan (RnD) ini menggunakan model Dick and Carey. Metode penggumpulan data dalam penelitian ini digunakan metode tes dan metode angket/kuisioner. Hasil penelitian ini melalui tahap (1) rancang bangun berupa bahan ajar elektronik modul berbentuk flipbook yang digunakan sebagai bahan ajar untuk membelajarkan siswa mengenai mata pelajaran Pendidikan Pancasila, (2) kelayakan e-modul diperoleh setelah mendapatkan penilaian atau review dari para ahli dan penilaian uji coba produk, berdasarkan hasil penelitian diperoleh (a) hasil penilaian ahli isi materi sebesar (91,66%); (b) hasil penilaian ahli desain instruksional sebesar (91,66%); (c) hasil penilaian ahli bahan ajar sebesar (88,33%); (d) hasil penilaian ahli bahasa sebesar (93,33%), uji perorangan sebesar (95,66%); (e) hasil penilaian uji kelompok kecil sebesar (95,00), berdasarkan hasil penilaian tersebut bahan ajar e-modul berada dalam kategori layak digunakan, (3) efektivitas e-modul berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t satu sampel berbantuan SPSS (1) dapat dilihat bahwa nilai t hitung 6,843 dan t tabel dengan signifikansi 5%, df = n-1= 34-1=33. Didapat t tabel sebesar 1,692 sehingga t hitung lebih dari t tabel, ini berarti H0 ditolak H1 diterima. Rerata post tes didapat 84,26 sedangkan KKTP sebesar 75, ini artinya rerata hasil belajar lebih dari KKTP. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbasis Profil Pelajar Pancasila efektif digunakan pada siswa kelas I di SD Negeri 5 Tonja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Dick and Carey, E-Modul, Pendidikan Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Semartini Widya Ningsih |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 01:27 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 01:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18565 |
Actions (login required)
View Item |