Damayanti, Ni Nyoman Sasia (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM ORGAN PENCERNAAN MANUSIA KELAS V DI SD NEGERI 1 PENARUKAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031008-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031008-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (184kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031008-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat video animasi berbasis pemecahan masalah pada pembelajaran materi sistem organ pencernaan manusia, adapun fokus utama dalam penelitian ini yaitu rancang bangun, tingkat validitas serta kepraktisan. Video animasi. Model 4D merupakan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yang terbagi menjadi 4 tahapan yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Metode pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini yaitu wawancara dan penyebaran angket. Objek penelitian ini yaitu validitas dan kepraktisan video animasi yang dikembangkan, subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V. Adapun hasil temuan penelitian yang diperoleh yaitu rancang bangun video animasi dibuat dalam bentuk storyboard, kemudian storyboard ini diwujudkan menjadi video animasi melalui tahapan pengembangan (develop) dalam model 4D, hasil validitas video animasi yang dianalisis menggunakan rumus Aiken memperoleh penilaian ahli isi yaitu 0,93 dengan kualifikasi validitas tinggi, dan ahli media pembelajaran memperoleh skor 0,94 dengan kualifikasi validitas tinggi, hasil respons dari uji guru menggunakan rumus persentase memperoleh skor 96% dengan kualifikasi sangat praktis, hasil uji kelompok kecil dengan subjek 9 orang siswa kelas V memperoleh skor 88, 33 % dengan kualifikasi sangat praktis serta hasil uji perorangan dengan subjek 5 orang siswa memperoleh skor 78 % dengan kualitikasi praktis. Dengan demikian pengembangan video animasi pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada materi sistem organ pencernaan manusia dapat memotivasi siswa belajar dan dapat mempermudah guru dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi , pemecahan masalah, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Sasia Damayanti |
Date Deposited: | 14 Feb 2024 23:37 |
Last Modified: | 14 Feb 2024 23:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18591 |
Actions (login required)
View Item |