Wedayanti, Made Mitha (2024) Pengembangan Media Komik Digital Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPAS dengan Topik Fotosintesis Siswa Kelas IV (Empat) di SD Negeri 2 Belantih. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2011031155-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2011031155-ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031155-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (583kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031155-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031155-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031155-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031155-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031155-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2011031155-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Latarbelakang penelitian yang diteliti adalah oleh kurangnya penyediaan sumber belajar dan terbatasnya media pembelajaran berbasis digital sehingga menyebapkan kualitas pendidikan menjadi menurun dan akan berdampak pada minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media komik digital interaktif berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPAS dengan topik fotosintesis siswa kelas IV (empat) yang dikembangkan berbasis FlipBook. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan jenis model penelitian ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu : 1) tahap analisis, 2) tahap desain, 3) tahap pengembangan, 4) tahap implementasi, dan 5) tahap evaluasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pemberian angket atau kuesioner yang diberikan kepada empat responden yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan dua praktisi dan angket uji coba respons yang diberikan kepada siswa kelas IV (empat). Data hasil uji media oleh para ahli kemudian dianalisis menggunakan rumus Gregory yang telah dimodifikasi. Hasil yang diperoleh dari keempat responden adalah 1,00 dengan kualifikasi keberterimaan (acceptability) produk dinyatakan “sangat tinggi”. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media komik digital interaktif ini dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media komik digital, saintifik, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Mitha Wedayanti |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 05:04 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 05:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18638 |
Actions (login required)
View Item |