Sintyawati, Ni Luh Putri (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA MYSTERY BOX TERHADAP KOMPETENSI IPS SISWA KELAS V SD GUGUS VII SAYAN KECAMATAN UBUD TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031211-COVER.pdf Download (556kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031211-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031211-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031211-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031211-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031211-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031211-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031211-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031211-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick mampu melatih kemampuan komunikasi siswa dalam mengemukakan pendapatnya. Oleh karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick berbantuan Mystery Box terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitain kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan rancangan Non-equeilevalent Kontrol Group Design. Tempat penelitian ini adalah Gugus VII Sayan dengan jumlah populasi 137 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dan diperoleh dua kelas yang dijadikan sampel penelitian yaitu SDN 1 Sayan sebagai kelas eksperimen dengan siswa sebanyak 33 orang dan SDN 2 Sayan sebagai kelas kontrol dengan siswa sebanyak 31 orang. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik tes dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-T sampel independent. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai Thitung sebesar 6.363 > 2.036 yang merupakan nilai Ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk 62. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan media Mystery Box dengan kelompok yang tidak dibelajarkan degan model Kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan media Mystery Box. Denga demikian dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan media Mystery Box berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus VII Sayan Kecamatan Ubud.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tipe Talking Stick, Mystery Box, IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Putri Sintyawati |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 07:23 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 07:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18751 |
Actions (login required)
View Item |