Mellyani, Christin (2024) Identifikasi Peran Guru Dalam Rangka Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Matematika Di SMPK 2 Harapan. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229031016-COVER.pdf Download (585kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229031016-ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229031016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229031016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229031016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229031016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229031016-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229031016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229031016-LAMPIRAN.pdf Download (797kB) |
Abstract
Guru adalah pemain kunci dalam manajemen pembelajaran. Karena gurulah yang melaksanakan proses belajar mengajar, maka efektifitas pendidikan secara keseluruhan sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengajar. Berikut peran guru dalam mengendalikan pembelajaran: (1) guru sebagai fasilitator; (2) guru sebagai manajer kelas; (3) guru sebagai penilai; dan (5) guru sebagai motivator. Pencapaian tujuan pembelajaran yang efektif memerlukan berfungsinya kelima tanggung jawab pengajaran ini secara harmonis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara terbaik bagi instruktur dalam menangani pengajaran matematika di SMPK 2 Harapan. Dalung Untal-untal BaliJenis penelitian ini merupakan studi lapangan yang memadukan metode deskriptif dan kualitatif. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan penelitian merupakan metode yang digunakan dalam analisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam memaksimalkan pengelolaan pembelajaran matematika di SMPK 2 Harapan telah dilaksanakan secara efektif. Secara khusus, guru telah memenuhi peran sebagai pengelola kelas dan demonstran dengan memberikan teladan positif kepada siswa selama proses pembelajaran dan dengan memperhatikan suasana kelas. agar proses pembelajaran berjalan lancar; sebagai fasilitator, dengan mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran; sebagai evaluator, dengan menilai hasil belajar dan sikap siswa selama pembelajaran di kelas; dan sebagai motivator, dengan mendorong siswa melakukan sesuatu yang konstruktif sambil berpartisipasi. instruksi di kelas. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam pengelolaan pembelajaran yaitu a) faktor pendukung yang meliputi peran guru, tata tertib guru, sarana/prasarana. b) faktor penghambar yaitu meliputi kondisi siswa, dan metode pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Optimalisasi, Pengelolaan Pembelajaran, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Putu Christin Mellyani |
Date Deposited: | 20 Feb 2024 00:38 |
Last Modified: | 20 Feb 2024 00:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18758 |
Actions (login required)
View Item |