Sihombing, Filemon (2024) EXPLORING EFL (English as a Foreign Language) PRE-SERVICE TEACHERS’ EXPERIENCES USING CHATGPT TO SUPPORT PROFESSIONAL GROWTH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2012021067-COVER)
2012021067_COVER.pdf Download (858kB) |
|
Text (2012021067-ABSTRAK)
2012021067_ABSTRAK.pdf Download (99kB) |
|
Text (2012021067-BAB 1 PENDAHULUAN)
2012021067_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (161kB) |
|
Text (2012021067-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012021067_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (2012021067-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012021067_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (2012021067-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012021067_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (2012021067-BAB 5 PENUTUP)
2012021067_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) | Request a copy |
|
Text (2012021067-DAFTAR PUSTAKA)
2012021067_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text (2012021067-LAMPIRAN)
2012021067_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh ChatGPT terhadap pengembangan profesional calon guru bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL), dengan fokus khusus pada keterampilan perencanaan pelajaran dan inovasi pedagogis mereka. Tujuh peserta dari Universitas Pendidikan Ganesha yang terdaftar dalam program "Teaching Campus" dipilih untuk desain penelitian eksplanatori metode campuran ini. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efek pasca-penggunaan ChatGPT pada rencana pelajaran peserta, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi hasil, dan mengeksplorasi potensi perkembangan pedagogis dalam konteks pengajaran yang spesifik. Menggunakan pendekatan metode campuran dengan desain eksplanatori berurutan, penelitian ini menggunakan survei terstruktur, wawancara mendalam, dan observasi untuk memahami secara komprehensif dampak ChatGPT pada pengajaran dan pembelajaran bagi calon guru. Pengujian awal hipotesis menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan dalam kemampuan merencanakan pelajaran antara kelompok eksperimental dan kontrol. Meski begitu, data wawancara menyoroti keterbatasan ChatGPT dalam memberikan informasi relevan, dengan peserta menghadapi tantangan mengevaluasi rencana pelajaran yang kurang memuaskan. Meskipun demikian, peserta melaporkan kemajuan signifikan dalam inovasi pedagogis, termasuk peningkatan persiapan materi pengajaran, ide pembelajaran menarik, strategi pengajaran beragam, dan efisiensi waktu yang meningkat. Meski ChatGPT memberikan dampak positif pada kreativitas pedagogis, integrasinya memerlukan evaluasi dan penyesuaian hati-hati sesuai konteks pengajaran dan kebutuhan siswa. Penelitian ini menekankan manajemen bijak dan penyesuaian, dengan perhatian khusus pada pelatihan tambahan dan dukungan kontekstual untuk optimalisasi manfaat teknologi seperti ChatGPT dalam pengembangan profesional calon guru EFL. Kata Kunci: Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL), Calon Guru, ChatGPT, Pertumbuhan Profesional, Pengalaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English as a foreign language (EFL), Pre-Service Teachers, ChatGPT, Professional Growth, Experiences. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PE English T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Filemon Sihombing |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 13:24 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 13:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19089 |
Actions (login required)
View Item |