Wiranata, I Made Rai Aditya (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STUDI KASUS BERORIENTASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041008-COVER.pdf Download (415kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041008-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041008-BAB 5 PENUTUP.pdf Download (214kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041008-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis studi kasus berorientasi HOTS pada materi perubahan wujud benda di kelas IV sekolah dasar. Secara khusus tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk memperoleh karakteristik LKPD Berbasis Studi Kasus berorientasi HOTS yang layak, praktis, efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Perubahan Wujud Benda. (2) untuk memperoleh lintasan belajar LKPD Berbasis Studi Kasus HOTS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Perubahan Wujud Benda. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Adapun karakteristik LKPD berdasarkan ADDIE adalah memiliki studi kasus kontekstual dan menarik, berfokus pada proses berpikir, memiliki aktivitas penyelidikan dan analisis dalam berbagai kegiatan dan menekankan proses refleksi dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini yaitu 25 orang siswa kelas IV di SD No. 2 Gulingan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar. Berdasarkan rata-rata hasil penilaian ahli isi memperoleh hasil sebesar 93,33% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh hasil sebesar 94,80% dengan kualifikasi sangat baik. Kemudian hasil rata-rata uji kepraktisan oleh guru memperoleh hasil sebesar 92,73% dengan kualifikasi sangat baik dan dari siswa sebesar 94,28% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji coba pada siswa, LKPD dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 sehingga LKPD yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV di SD No. 2 Gulingan. Adapun lintasan belajar dalam penelitian ini yaitu pertama siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, kedua siswa dibagikan LKPD yang dikembangkan dan mendiskusikannya dengan anggota kelompoknya, ketiga siswa menemukan masalah yang berbeda tiap kelompok dan diberikan solusi berupa scaffolding, keempat siswa mempresentasikan didepan kelas sesuai dengan masukan sehingga LKPD efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, studi kasus, HOTS, berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | I Made Rai Aditya Wiranata |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 02:32 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 02:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19160 |
Actions (login required)
View Item |