Sudiarsana, I Kadek (2024) Pengembangan Panduan Konseling Cognitive Behavioral Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Motivasi dan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Melaya. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229111009-COVER.pdf Download (554kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229111009-ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229111009-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (300kB) |
|
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
2229111009-BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
2229111009-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN)
2229111009-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
2229111009-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229111009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229111009-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sudiarsana, I Kadek (2024),Pengembangan Panduan Konseling Cognitive Begavioral Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Motivasi dan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Melaya. Tesis, Bimbingan dan Konseling, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Ketut Dharsana,M.Pd., Kons dan Pembimbing II : Prof. Dr. Kadek Suranata,M.Pd.,Kons Kata-kata kunci: konseling cognitive behavioral, teknik modeling, motivasi beajar,konsentrasi belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pelaksanaan Konseling Cognitive Behavioral Teknik Modeling untuk meningkatkan motivasi dan konsentrasi belajar siswa serta dapat mengetahui kelayakan validitas isi buku panduan Konseling Cognitive Behavioral Teknik modeling. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), model penelitian yang digunakan yaitu Four-D (4D). Model 4D terdiri dari empat tahap penelitian yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode kuesioner, dengan instrument penelitian berupa instrument validitas produk buku panduan. Analisis data untuk menguji validitas isi produk buku panduan dengan menggunakan rumus Lawshe CVR dan CVI. oleh 3 pakar atau ahli yang berkompeten dalam bidang Bimbingan Konseling dan Psikologi, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian berdasarkan analisis validitas isi adalah nilai CVR per-item yang diperoleh skor 1 (CVR > 0). Selanjutnya hasil analisis CVI memperoleh skor 1lebih besar dari 0 (CVI > 0). Berdasarkan analisis data tersebut berarti nilai validitas isi produk buku panduan adalah tinggi. Uji hipotesis menggunakan MANOVA dengan hasil terdapat perbedaan signifikan pretest dan posttest, F (2, 65) = 1587,111, p = 0,000; Wilk’s ^ = 0,020. Diketahui nilai sig. 0,000 (< 0,05) nilai tersebut kurang dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa konseling cognitive behavioral Teknik modelling efektif untuk meningkatkan motivasi dan konsentrasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konseling cognitive behavioral, teknik modeling, motivasi beajar,konsentrasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2) |
Depositing User: | I Kadek Sudiarsana |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 08:00 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 08:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19166 |
Actions (login required)
View Item |