Sarastuti, Ni Luh Ayu (2024) PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS II KUTA UTARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041038-COVER.pdf Download (566kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041038-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041038-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041038-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041038-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray berbantuan media konkret terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Kuta Utara yang berjumlah 166 siswa yang telah teruji setara secara akademik melalui analisis Anava terhadap nilai UAS IPS. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik random sampling, dengan kelas eksperimen yaitu SD 2 Tibubeneng berjumlah 28, Sedangkan untuk kelas kontrol SD 1 Canggu berjumlah 28. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only non-equivalent control group design. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Sebelum mengumpulkan data, instrumen akan diuji kelayakannya terlebih dahulu. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan analisis Manova dan Anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan model TSTS berbantuan media konkret terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar pada nilai sig. 0,000 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret terhadap hasil belajar pada sig. 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret terhadap keterampilan kolaborasi pada nilai sig. 0,000 < 0,05. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TSTS berbantuan media konkret berpengaruh positif terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kuta Utara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TSTS, keterampilan kolaborasi, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Ayu Sarastuti |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 09:03 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 09:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19202 |
Actions (login required)
View Item |