PENGARUH KETAHANMALANGAN DAN REGULASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS III KUTA UTARA KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024

Wiguna, I Nyoman Artha (2024) PENGARUH KETAHANMALANGAN DAN REGULASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS III KUTA UTARA KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2023/2024. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229041087-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041087-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041087-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041087-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041087-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041087-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041087-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041087-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041087-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ketahanmalangan merupakan salah satu faktor internal yang dapat mepengaruhi optimalnya pencapaian kompetensi matematika siswa. Selain ketahanmalangan, regulasi diri juga menjadi salah satu faktor internal yang penting dalam pencapaian kompetensi matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh ketahanmalangan dan regulasi diri terhadap kompetensi matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kausal dengan teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling) dengan bantuan software AMOS 24. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis hubungan yang kompleks anatar variabel dengan sampel sebesar 153 siswa, pengumpulan sampel ditentukan dengan rumus Slovin dan dipilih secara random dari populasi. Data ketahanmalangan dan regulasi diri dikumpulkan dengan angket, sementara data kompetensi matematika dikumpulkan dengan tes. Adapun temuan yang didapatkan berdasarkan analisis yang telah dilakukan adalah sebagai berikut. (1) Model teoritik pengaruh ketahanmalangan dan regulasi diri terhadap kompetensi matematika siswa (2) Ketahanmalangan berpengaruh secara positif terhadap kompetensi matematika siswa. (3) Regulasi diri berpengaruh secara positif terhadap kompetensi matematika siswa. (4) Ketahanmalangan berpengaruh secara positif terhadap regulasi diri siswa. Hasil penelitian diharapkan dapat berkontribusi bagi pembelajaran matematika, seperti pentingnya upaya meningkatkan kompetensi matematika melalui peningkatan kontrol tindakan yang tepat akan berdampak pada pencapaian kompetensi matematika siswa yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ketahanmalangan, regulasi diri, kompetensi matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: I NYOMAN ARTHA WIGUNA
Date Deposited: 21 Feb 2024 12:10
Last Modified: 21 Feb 2024 12:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19219

Actions (login required)

View Item View Item