PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 SAWAN

Sebayang, Stevany Regina Br (2024) PENGARUH PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913071021-COVER.pdf

Download (818kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913071021-ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913071021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913071021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913071021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913071021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913071021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913071021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913071021-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil awal belajar siswa dengan hasil belajar siswa setelah dilakukan pergantian model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jenis kajian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu) dan desain kajian yang digunakan adalah pretest-posttest control group desain. Populasi dari kajian ini adalag kelas IX SMP Negeri 1 Sawan yang terdiri dari 10 kelas dengan total sebayak 321 siswa. Pemilihan sampel dilakukan dengan Teknik random assignment dengan total sampel sebayak 52 siswa. Data hasil belajar IPA siswa diperoleh melalui pemberian tes berbentuk pilihan ganda. Data diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan uji ANACOVA satu jalur. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi sebesar 5% (0,05). Hasil kajian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas model PjBL dan modelpembelajaran langsung masing-masing adalah 79,13 dan 71,17 menurut hasil ini dapat dikatakan kedua model ini baik setelah di teliti kembali standar deviasi memiliki hasil yang jauh berbeda yaitu 4,81 dan 6,70 . Hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran PjBL dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung (F= 21,220;p < 0,05). Hasil belajar IPA siswa antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran PjBL dengan model Direct Instrucition terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model Based Learning (PjBL), model pembelajaran langsung, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Stevany Regina Br Sebayang
Date Deposited: 22 Feb 2024 00:27
Last Modified: 22 Feb 2024 00:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19220

Actions (login required)

View Item View Item