Agustini, Nyoman Arysta (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD GUGUS VIII MENGWI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041025-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041025-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041025-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041025-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041025-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041025-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041025-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041025-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041025-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD Gugus VIII Mengwi. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei kausal melalui teknik analisis SEM (Structural Equation Modeling). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VI SD Gugus VIII Mengwi, yang terdiri dari 259 orang siswa. Pengambilan sampel penelitian dengan teknik proportional random sampling dilakukan setelah menentukan jumlah sampel minimal yang dibutuhkan dengan rumus Slovin yaitu sebanyak 157 orang siswa. Data kecerdasan emosional dan efikasi diri dikumpulkan dengan kuesioner, sementara data prestasi belajar matematika dikumpulkan dengan tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan analisis SEM berbantuan software AMOS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model teoretik pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI Gugus VIII Mengwi didukung data empirik, 2) kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika, 3) Efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika, dan 4) kecerdasan emosional berpengaruh secara signifikan tehadap efikasi diri. Hasil penelitian diharapkan dapat berkontribusi bagi pembelajaran matematika di sekolah dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa seperti kecerdasan emosional dan efikasi diri. Sebab kedua hal ini bisa mempengaruhi respon siswa ketika dihadapkan pada tantangan dan kesulitan, termasuk dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, efikasi diri, prestasi belajar matmatika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Nyoman Arysta Agustini |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 23:27 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 23:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19226 |
Actions (login required)
View Item |