SUARTINI, NI LUH WAYAN NOPA (2024) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS III DESA MARGA KECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041028-COVER.pdf Download (539kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041028-ABSTRAK.pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (187kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (60kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041028-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan simultan yang signifikan disiplin belajar dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA siswa Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Metode yang digunakan adalah metode tes dan non tes berupa angket tentang disiplin belajar dan kecerdasan emosional serta kuesioner tes hasil belajar IPA. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa yang memiliki jumlah sebanyak 141 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling total. Variabel bebas dari penelitian ini adalah disiplin belajar dan kecerdasan emosional sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Data penelitian ini dikomputasi analisis statistik deskriptif dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan disiplin belajar, kecerdasan emosional, dan hasil belaar IPA saling mempengaruhi. Apabila dijabarkan sebagai berikut : pertama terdapat hasil signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar IPA yang diperoleh nilai Rhitung > Rtabel (0,441>0,164), kedua terdapat hubungan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA yang diperoleh nilai Rhitung> Rtabel (0,447>0,164), ketiga terdapat hubungan signifikan antara disiplin belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA yang diperoleh nilai Rhitung > Rtabel (0,250 >0,164). Jadi, terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar secara terpisah dan simultan. Penelitian ini berdampak terhadap perbaikan berupa upaya, guru, dan siswa untuk menanamkan konsep disiplin yang baik dan positif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Belajar, Kecerdasan Emosional, dan Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Wayan Nopa Suartini |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 01:40 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 01:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19229 |
Actions (login required)
View Item |