PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK MATERI MASA PUBERTAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

UTAMI, NI LUH GITA SETYA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK MATERI MASA PUBERTAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2229041009_COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041009_ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2229041009_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (437kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2229041009_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2229041009_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041009_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2229041009_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041009_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041009_LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Utami,Ni Luh Gita Setya (2023), Pengembangan Media Pop-Up Book Materi Masa Pubertas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I :Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si. dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom. Kata-kata Kunci : media pembelajaran, media Pop-Up-Book, pubertas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancang bangun serta menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari media Pop-Up Book untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik masa pubertas kelas VI. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa pada Gugus I Abiansemal. Pengembangan media Pop-Up Book melalui proses validasi materi dan media dengan menggunakan lembar validasi Learning Object Review Instrument (LORI). Uji kepraktisan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Kajian produk berdasarkan hasil validitas media terhadap validator diperoleh nilai rata-rata 4,15 dengan kriteria sangat tinggi dari 2 orang ahli materi, 4,75 dengan kriteria sangat tinggi dari 2 orang ahli media, dilanjutkan dengan uji kepraktisan oleh 7 orang guru di Gugus I Abiansemal memperoleh skor 2,05 (bagus sekali). Setelah itu uji kepraktisan oleh 10 siswa kelas VI di SD No. 2 Sangeh memperoleh skor 2,19 (bagus sekali). Dan pengujian untuk efektifitas dari hasil uji n-Gain yang menunjukkan rata-rata nilai n-Gain hasil belajar siswa 0,72 dalam kriteria sangat efektif. Uji efektivitas berdasarkan rumus uji-t dengan sig.<0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media Pop-Up Book. Hal ini menunjukkan media Pop-Up Book mampu meningkatkan hasil belajar masa pubertas pada siswa kelas VI SD. Berdasarkan hal tersebut, media Pop-Up Book dinyatakan layak dengan pertimbangan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, media Pop-Up-Book, pubertas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Luh Gita Setya Utami
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:35
Last Modified: 22 Feb 2024 02:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19267

Actions (login required)

View Item View Item