Debyo, Lhutfika Denytasari (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V DI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA DENPASAR SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2229041049-COVER.pdf Download (209kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2229041049-ABSTRAK.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041049-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041049-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2229041049-LAMPIRAN.pdf Download (677kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengungkap hubungan kausal kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap tingkat stres akademik siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar Selatan pada tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 214 siswa. Data kecerdasan emosional, minat belajar dan stres akademik diperoleh melalui kuesioner dan pencatatan dokumen. Sebagai uji prasyarat, menggunakan uji normalitas sebaran data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriftif, gregresi linier sederhana, dan regresi linear ganda. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X1 terhadap variabel Y, dilakukan perhitungan statistik dengan menggunakan koefisien determinasi yang menjelaskan bahwa besarnya nilai hubungan (R) yaitu sebesar 0,712. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,506 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas X1 terhadap variabel Y adalah 50,6%. Data selanjutnya diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,470 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas X2 terhadap variabel Y adalah 40,7%. Data yang diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,516 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas X1 dan X2 terhadap variabel terikat Y adalah 51,6%. Berdasarkan hasil analisis maka dapat dijabarkan data bahwa nilai hasil analisis yang pertama X1 terhadap Y, menunjukkan nilai Fhitung adalah sebesar 217,549 > Ftabel sebesar 3,0. Hasil analisis kedua X2 terhadap Y menunjukkan Fhitung adalah sebesar 187,924 > Ftabel sebesar 3,0, dan terakhir hasil analisis X1, X2 terhadap Y menunjukkan Fhitung adalah sebesar 112,388 > Ftabel sebesar 3,0 di Ftabel. Jadi, terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap tingkat stres akademik siswa Kelas V Sekolah Dasar secara terpisah dan simultan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kolerasi, kecerdasan emosional, minat belajar, stres akademik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Lhutfika Denytasari Debyo |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 09:41 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 09:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19375 |
Actions (login required)
View Item |