PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI DI SD GUGUS KOMPYANG SUJANA

Trisnadewi, Ni Putu Putri (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI DI SD GUGUS KOMPYANG SUJANA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2011031078-COVER.pdf

Download (789kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2011031078-ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011031078-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (501kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011031078-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011031078-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2011031078-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2011031078-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011031078-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2011031078-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Media Couple Card terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas VI SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 576 seluruh siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas VI SDN 9 Padangsambian sebagai kelompok eksperimen sebanyak 35 siswa dan siswa kelas VI SDN 14 Padangsambian sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 35 orang. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban (a, b, c, d). Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t) polled varians. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 15,65 yang berada pada kategori rendah dan rata-rata skor pre-test kelompok kontrol 16,49 yang berada pada kategori rendah. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 24,71 yang berada pada kategori sangat tinggi sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 19,95 yang berada pada kategori sedang. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 14,424 dan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 68 adalah 1,995. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (14,424 > 1,995) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Problem Based Learning berbantuan Media Couple Card terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas VI SD Gugus Kompyang Sujana Denpasar tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Problem Based Learning, Couple Card, Kompetensi Pengetahuan IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU PUTRI TRISNADEWI
Date Deposited: 23 Feb 2024 00:14
Last Modified: 23 Feb 2024 00:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19384

Actions (login required)

View Item View Item