Penerapan Model Pembelajaran Diferensiasi Dengan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Marga Tahun Ajaran 2022/2023

Wahyu Astari, Ni Wayan (2024) Penerapan Model Pembelajaran Diferensiasi Dengan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Marga Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713021040-COVER .pdf

Download (765kB)
[img] Text (abstrak)
1713021040-abstrak.pdf

Download (52kB)
[img] Text (bab 1 pendahuluan)
1713012040-bab 1 pendahuluan.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 MOTODELOGI PENELITIAN)
171302040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
171302140-BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021040-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713021040-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas, atau classroom action research, yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang fisik di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Marga pada tahun akademik 2022/2023 dengan menerapkan model pembelajaran diferensiasi bersama dengan penilaian portofolio sebagai strategi yang efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Marga Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 orang. Dengan alasan pemilihan subjek ini adalah karena masih rendahnya pencapaian hasil belajar siswa. Yang akan menjadi objek penelitian ini yaitu: (1) hasil belajar fisik siswa; (2) reaksi siswa terhadap penerapan Model Pembelajaran Diferensiasi Penilaian Portofolio; dan (3) Model Pembelajaran Diferensiasi Berbantuan Penilaian Portofolio. Studi ini dibagi menjadi dua siklus, masing-masing dengan empat langkah: (1) Perencanaan; (2) Tindakan; (3) Observasi atau Edukasi; dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif akhir siklus I sebesar 76.0 dengan ketuntasan klasikal 26.7 %. Nilai rata-rata afektif siklus I berada pada kategori sedang dengan 77,8 %. Sedangkan siswa dapat dikatakan tuntas apabila nilai rata-rata hasil belajar afektif siswa berada pada kategori tinggi. nilai rata-rata psikomotor siklus I berada pada kategori baik dengan 3,53 % . Sedangkan siswa dapat dikatakan tuntas apabila nilai rata-rata hasil belajar psikomotor siswa berada pada kategori baik. nilai rata-rata hasil belajar kognitif akhir siklus II sebesar 86.99 dengan ketuntasan klasikal 93,3 %. Nilai rata-rata afektif siklus II berada pada kategori tinggi dengan 17,8 %. Sedangkan siswa dapat dikatakan tuntas apabila nilai rata-rata hasil belajar afektif siswa berada pada kategori tinggi. nilai rata-rata psikomotor siklus I berada pada kategori baik dengan 82,35 % . Sedangkan siswa dapat dikatakan tuntas apabila nilai rata-rata hasil belajar psikomotor siswa berada pada kategori baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Diperensiasi, Penilaian Portofolio dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: NI WAYAN WAHYU ASTARI
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:38
Last Modified: 23 Feb 2024 04:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19394

Actions (login required)

View Item View Item