Wahyu Astari, Ni Wayan (2024) Penerapan Model Pembelajaran Diferensiasi Dengan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Marga Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713021040-COVER .pdf Download (765kB) |
|
Text (abstrak)
1713021040-abstrak.pdf Download (52kB) |
|
Text (bab 1 pendahuluan)
1713012040-bab 1 pendahuluan.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713021040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 MOTODELOGI PENELITIAN)
171302040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713021040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
171302140-BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713021040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713021040-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas, atau classroom action research, yang secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang fisik di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Marga pada tahun akademik 2022/2023 dengan menerapkan model pembelajaran diferensiasi bersama dengan penilaian portofolio sebagai strategi yang efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Marga Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 30 orang. Dengan alasan pemilihan subjek ini adalah karena masih rendahnya pencapaian hasil belajar siswa. Yang akan menjadi objek penelitian ini yaitu: (1) hasil belajar fisik siswa; (2) reaksi siswa terhadap penerapan Model Pembelajaran Diferensiasi Penilaian Portofolio; dan (3) Model Pembelajaran Diferensiasi Berbantuan Penilaian Portofolio. Studi ini dibagi menjadi dua siklus, masing-masing dengan empat langkah: (1) Perencanaan; (2) Tindakan; (3) Observasi atau Edukasi; dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kognitif akhir siklus I sebesar 76.0 dengan ketuntasan klasikal 26.7 %. Nilai rata-rata afektif siklus I berada pada kategori sedang dengan 77,8 %. Sedangkan siswa dapat dikatakan tuntas apabila nilai rata-rata hasil belajar afektif siswa berada pada kategori tinggi. nilai rata-rata psikomotor siklus I berada pada kategori baik dengan 3,53 % . Sedangkan siswa dapat dikatakan tuntas apabila nilai rata-rata hasil belajar psikomotor siswa berada pada kategori baik. nilai rata-rata hasil belajar kognitif akhir siklus II sebesar 86.99 dengan ketuntasan klasikal 93,3 %. Nilai rata-rata afektif siklus II berada pada kategori tinggi dengan 17,8 %. Sedangkan siswa dapat dikatakan tuntas apabila nilai rata-rata hasil belajar afektif siswa berada pada kategori tinggi. nilai rata-rata psikomotor siklus I berada pada kategori baik dengan 82,35 % . Sedangkan siswa dapat dikatakan tuntas apabila nilai rata-rata hasil belajar psikomotor siswa berada pada kategori baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model Pembelajaran Diperensiasi, Penilaian Portofolio dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | NI WAYAN WAHYU ASTARI |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 04:38 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 04:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/19394 |
Actions (login required)
View Item |